Tips Cara Memilih Pompa Air

Rabu, Juni 10th, 2015 - Tips Trik

Pompa air adalah salah satu kebutuhan yang tidak bisa kita abaikan, Karena air adalah salah satu kebutuhan primer yang wajib dimiliki oleh manusia. Salah satunya dengan manfaatnya pompa air menjadi salah satu prioritas utama dalam kehidupan rumah tangga. Dalam artikel kami kali ini membahas tentang bagaimana tips cara memilih pompa air yang tepat serta awet, Sebab untuk sekarang ini banyak sekali merek pompa air yang dijual di pasaran dengan kapasitas yang mungkin kurang standar pemakaian. Untuk memiliki pompa air dibutuhkan pengalaman yang cukup hal ini menyangkut tentang Daya hisap air, Daya listrik, dan juga tentang komponen yang ada pada dalam pompa air tersebut. Banyak orang yang lebih suka untuk memilih merek pompa air yang murah namun tidak memiliki kualitas bagus dan ada juga yang memilih harga mahal namun tidak mendapatkan apa yang mereka suka. Memang kalau kita lihat hal ini sangat mudah dan siapa pun Anda bisa mendapatkan segala merek pompa air, Tapi tunggu dulu Anda harus membaca artikel ini sampai selesai sebab akan banyak pengalaman yang akan Anda dapat dalam artikel ini yang mungkin sebelumnya belum Anda ketahui. Berikut beberapa tips memilih dan memasang pompa yang tepat untuk rumah:

Tips Cara Memilih Pompa Air Dengan Tepat Sesui kebutuhan

Ukur Kedalaman Air dari Permukaan Tanah

Yang harus Anda lakukan untuk memilih pompa air yang tepat adalah mengukur kedalaman air dari permukaan tanah. Untuk memastikan bahwa permukaan air dalam atau tidak Anda bisa menggunakan beberapa alat misalnya menggunakan pipa pompa air atau bisa menggunakan alat ukur lainnya. Hal ini sangat penting untuk kita ketahui sebelum memilih pompa air yang tepat.

Dengan berdasarkan pengetahuan ini maka kita akan tahu type pompa air yang akan kita gunakan. Ukuran harus tepat supaya ketika kita memilih pompa air tidak kecewa nantinya. Banyak type pompa air yang sudah beredar di pasaran, Jadi kalau Anda sudah bisa menentukan tentang kedalaman Air maka ikuti beberapa langkah berikutnya.

Menghitung Tinggi Permukaan Air

Tinggi permukaan air adalah jarak antara pompa air dengan permukaan air yang paling tinggi. Untuk bisa mengetahui dengan pasti selain menggunakan alat yang bisa Anda buat sendiri Anda juga bisa menggunakan Jasa tukang pembuatan sumur, biasanya mereka jasa pembuatan sumur sudah banyak memiliki pengalaman dalam hal pengukuran permukaan air dan tanah.

Jika Anda menggunakan Jasa Pembuatan Sumur sebaiknya tanyakan juga tentang Perkirakan juga waktu musim kemarau atau musim hujan tentang permukaan air. Seperti yang kita ketahui bahwa Pada musim kemarau air akan menjadi susut dan sudah bisa kita pastikan bahwa jarak pompa air juga akan jauh dan jikalau musim hujan permukaan air akan naik dalam hal ini Anda perlu berhati-hati untuk menempatkan pompa air jangan sampai terendam air. Beri jarak permukaan tanah dengan pompa, Biasanya mereka jasa service pompa air memberikan jarak antara tanah dan pompa air antara 50cm hingga 100cm. Semua itu tergantung dari kondisi lingkungan yang Anda tempati.

Mengetahui Voltage Rumah

tips cara memilih pompa air │Tidak semua pompa air memiliki Daya listrik yang ringan atau kecil, semua itu tergantung dari kebutuhan kita, Untuk memilih voltage pompa air yang tepat adalah menyesuaikan tentang DAYA listrik yang kita gunakan, Misalnya bila Anda menggunakan daya listrik rumahan dengan kapasitas sekitar 450 Volt. Anda bisa memilih pompa air yang memiliki daya kurang dari daya tersebut. Hal ini diharapkan Supaya ketika Anda menggunakan komponen lain saat bersamaan dengan pompa air tidak akan terjadi listrik mati atau kelebihan beban. Hal ini harus anda ketahui.

Daya listrik harus sesuai dengan beban yang akan digunakan oleh pompa air. Selain tidak akan menimbulkan listrik down, Hal ini juga akan menghemat konsumsi listrik rumah Anda. Untuk itu ketika Anda ingin menentukan pompa air untuk rumah tangga sebaiknya perhitungkan dahulu tentang daya pompa tersebut.

Spesifikasi daya hisap dan daya dorong Pompa Air

Setelah Anda tahu tentang beberapa tips cara memilih pompa air diatas kini waktunya Anda mengetahui tentang daya hisap pampa air dan daya dorong dari beberapa merek pompa air yang akan pilih. Dalam hal ini Anda bisa membandingkan antara tinggi dari permukaan air dengan daya hisap pompa. Usahakan ketika Anda memilih pompa sebaiknya memilih daya hisap yang lebih tinggi dari jarak permukaan air yang ada. Karena daya hisap yang sudah dicantumkan pabrik biasanya menggunakan skala daya hisap maksimal bukan minimal. Dalam hal ini kami memberikan contoh yang paling umum. Sebagai contoh kalau permukaan air tempat Anda kurang dari 7 meter, sebaiknya menggunakan pompa air dengan daya hisap 9 meter yaitu type pompa sumur dangkal. Untuk perbandingan Anda bisa menggunakan contoh diatas karena Begitu juga seterusnya pada jarak permukaan air yang lebih tinggi untuk metode penghitungannya.

Sedangkan Untuk daya dorong biasanya bisa Anda baca pada label yang sudah tentera pada label kapasitas pompa air. Jika jarak pendek misalnya sekitaran rumah saja, biasanya sudah cukup, tapi kalau jarak jauh di hitung tersendiri. Standar dari semua pompa air tersebut umumnya sama pada semua type dan merek pompa.

Pilih Produk Berkualitas dengan Harga Yang Kompetitif

Karena banyaknya nama-nama merek pompa air dan juga harga yang sangat bersaing di pasaran sebagian orang akan susah untuk menentukan pompa air yang akan dipilih, Dalam hal ini Anda tidak perlu untuk bingung karena sudah ada beberapa keterangan yang sudah Anda ketahui di atas. Berdasarkan pengalaman orang-orang. tips cara Memilih pompa air yang tepat adalah dengan menentukan jenis pompa yang akan kita gunakan. Berikut ini beberapa type pompa air yang harus Anda ketahui tentang kualitas dari pompa tersebut.

1. Shallow Pump (Air Dangkal)Cara memilih pompa air

 

Untuk yang pertama dan yang perlu Anda ketahui adalah pompa shalloew pump atau pompa air untuk permukaan air yang dangkal. type pompa air seperti ini walaupun tert
ulis maksimal kedalaman hingga pada permukaan air 9 meter, namun efektifnya hanya 7 – 9meter. Hal ini sangat umum, Untuk itu Anda harus mengetahui hal ini untuk memilih pompa air yang benar-benar tepat untuk kondisi lingkungan Anda.

2. Semi Jet Pump ( Daya hisap maksimal 12m )

Cara Memilih Pompa AirUntuk yang kedua adalah type pompa air Semi Jet Pump atau biasanya orang menyebutnya pompa untuk air dalam. meskipun dalan penulisan label pompa jenis ini  maksimal kedalaman daya hisap sampai permukaan air hingga 11 meter, namun dalam kenyataannya type pompa air ini  hanya bisa bekerja dengan baik pada permukaan air 7 sampai 9 meter. Anda harus berhati-hati hal ini dan jangan sampai Anda salah untuk menentukan pompa air yang tepat.

3. Jet Pump (Air Sumur Dalam)tips cara memilih pompa air

Yang ketiga dan harus Anda ketahui tentang pompa air jet pump. Pada type pompa air ini bisa digunakan untuk permukaan air yang paling dalam. Karena bisa digunakan pada kedalaman air mulai dari 15 meter hingga sampai dengan 30 meter dan juga ada yang sampai 50m. Biasanya type pompa air seperti ini digunakan pada wilayah atau tempat dataran tinggi dari permukaan air laut.

4. Submersible Pump (Air Sumur Dalam)

tips memilih pompa

 

Untuk yang terakhir dan harus Anda ketahui bagi tentang type pompa air Submersible pump adalah adalah mesin pompa dengan sistem dorong dan keberadaanya di dalam air, atau di sebut pompa celup. pompa ini sangat tepat bila kedalaman air mencapai lebih dari 20 meter. Pompa ini sangat kuat dan di prioritaskan daya dorong debit air per menitnya. Biasanya penggunaan pompa air seperti ini banyak digunakan bagi beberapa perusahaan, seperti hotel, restoran, toko, mall yang membutuhkan volume atau konsumsi air yang banyak.

Itulah beberapa type tentang pompa air yang bisa Anda gunakan, Untuk masalah harga sebaiknya memperhitungkan tentang merek yang akan Anda beli, Dalam hal ini sebaiknya Anda harus tahu kebanyakan dari orang ketika mereka membeli produk tersebut. Pilih harga yang sesuai dengan apa yang Anda dapatkan dan pilih merek pompa air yang sesuai dan sudah banyak orang menggunakan kualitas produk tersebut. survei tentang merek bisa kita dapatkan dari orang-orang yang sudah menggunakan merek tersebut, Hal ini sangat baik untuk memilih pompa air yang tepat.

Garansi Produk

Untuk yang terakhir tips cara memilih pompa air adalah adanya garansi produk yang Anda beli, hal ini sangat di rekomendasikan sebab kita tidak tahu bahwa produk tersebut baik atau tidak, Garansi sangat penting sekali untuk anti sipasi hal-hal yang mungkin tidak kita inginkan. Anda harus berani bertanya pada penjual pompa apakah akan mendapatkan garansi atau tidak, Jika memiliki garansi Anda bisa membeli produk tersebut, Namun jika tidak Anda harus memperhitungkan hal ini. Sebab untuk sekarang ini banyak sekali produk pompa yang gagal atau lolos dari uji coba, Untuk itu pastikan jika Anda memilih pompa memiliki garansi.

 Kesimpulan dari Tips cara memilih pompa air

Dari beberapa ide diatas kita bisa tarik kesimpulan bahwa untuk memilih type pompa harus benar-banar kita ketahui dengan jelas, Jadi ketika kita menentukan pompa yang tepat sebaiknya perhatikan beberapa ide yang sudah kami sampaikan yaitu ukuran tentang permukaan Air, Tentang tinggi permukaan air, Menghitung daya atau volt listrik yang sedang kita gunakan, Spesifikasi dari daya hisap dan daya dorong pada pompa, Pemilihan beberapa type pompa dan juga harga pompa dan yang paling terakhir adalah tentang garansi pompa tersebut untuk antisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan.

Itulah beberapa ide untuk cara dan tips memilih pompa air yang benar dan tepat. Jika Anda masih ragu dengan beberapa ide diatas, Ada baiknya anda menggunakan jasa pembuat sumur yang sudah tahu tentang beberapa type pompa. Seperti yang kita ketahui bahwa jasa service pompa air akan lebih tahu tentang kondisi wilayah serta sudah tahu bagaimana memilih pompa yang baik dan tepat untuk Anda. Menggunakan jasa sangat penting untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan. Artikel ini kami buat hanya untuk ide baru, Jadi kalau Anda ingin membeli pompa sebaiknya perhatikan baca dahulu tips ini untuk mendapatkan produk yang baik dan berkualitas. Semoga artikel ini akan sedikit membantu Anda dan kami ucapkan banyak-banyak terima kasih sudah meluangkan waktu membaca tentang tips cara memilih pompa air yang tepat dan benar.