Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tukang perbaiki pompa air

Selasa, Agustus 13th, 2019 - Tips Trik

Tukang Perbaiki Pompa Air Dapat Membantu Atasi 5 Masalah Berikut Ini

Pompa air merupakan bagian penting di rumah tangga walaupun jangkauan layanan air bersih dari pemerintah saat ini sudah sampai ke pemukiman terpencil. Pertumbuhan penduduk yang semakin pesat secara otomatis turut berpengaruh terhadap peningkatan kebutuhan pasokan air bersih untuk dikonsumsi dan kebutuhan lainnya. Layanan air bersih yang disalurkan pada penduduk memiliki potensi menimbulkan banyak persoalan misalnya saluran air yang pecah sehingga air macet selama berhari-hari.

Untuk mendapatkan sumber air cadangan, Anda juga perlu menggunakan pompa air sumur. Jadi ketika suplai air bersih terjadi masalah, Anda tetap memiliki air bersih yang memadai. Pompa air saat ini tidak hanya digunakan untuk pompa air dari sumur tetapi juga untuk berbagai keperluan. Dengan banyaknya manfaat dari pompa air, pompa tersebut juga sering mengalami kerusakan atau masalah yang dapat diselesaikan oleh service pompa air jogja atau jasaa tukang perbaiki pompa air. Berikut ini adalah beberapa masalah tersebut

Pompa Air Mati Total

Pompa air yang sama sekali tidak menyala menandakan bahwa tidak ada aliran listrik yang tersambung ke pompa air. Untuk perbaikannya, bagian sumber listrik dapat dicek dengan multitester atau testpen. Jika tegangan masuk, bagian yang dicek adalah Switch Water Level pada tendon air (untuk jenis Sensor Water Level). Setelah itu, periksa bagian Automatic Pressure Switch untuk pompa yang tidak memakai tendon air. Jika switch water mengalami kerusakan, maka perlu diganti dengan yang baru.

Pompa Mati Padahal Switch Water Bagus

Jika kondisi switch water bagus dan tegangan ternyata sampai ke bagian terminal pompa air namun motor pompa tidak menyala serta sama sekali tidak ada suara, lilitan atau gulungan pompa air kemungkinan putus atau thermal switch di lilitan pompa air terputus. Hal ini juga dapat disebabkan karena lilitan yang terbakar.

Cara mengeceknya tidak hanya menggunakan testpen karena hanya phasenya yang terdeteksi sementara neutralnya tidak. Selain itu, testpen kadang juga menyala karena tegangan induksi. Untuk memastikannya, periksa dengan multitester agar dapat diketahui putus atau tidaknya. Jika gulungan atau lilitan putus dapat digulung kembali menggunakan kawat tembga berukuran sama sehingga dapat kembali normal.

Pompa Air Menyala Dengan Suara Aneh Kemudian Mati

Jika pompa menyala dengan suara yang tidak normal misalnya berdengung dan bagian as rotor tidak mau berputar atau menyala namun putaran as rotornya lemah kemudian mati, ini kemungkinan karena masalah pada komponen pompa air. Untuk mengatasinya, cek kapasitor dengan multitester. Jika kerusakan fisik, kapasitor bisa retak atau meledak. Selain itu, cek bearing atau laker yang mungkin macet.

Kemungkinan lainnya blog pompa kemasukan kotoran atau pasir. Pompa tertentu dapat terjadi karena kemacetan as di mana as merekat dan berkarat di Stator karena beberapa hari mungkin tidak dihidupkan. Hal seperti ini menyebabkan spull pompa air panas dan Thermal Switch dari spull putus dan akan tersambung kembali jika panasnya turun. Yang lebih parah, bila spull tidak memakai thermal switch, maka spull dapat terbakar. Untuk mengeceknya, buka baut pada bagian impeller.

Pompa Air Menyala Tetapi Tidak Mengeluarkan Air

Kerusakan pada masalah seperti ini jika sebelumnya pompa normal kemungkinan karena foot klep di dasar pipa hisap mengalami kebocoran karena karet foot klep yang terganjal pasir atau sudah aus. Untuk mengatasinya, buka tutup pancingan di blog pompa air. Jika airnya kosong,berarti foot klep bocor. Isi blog tersebut dengan air hingga penuh dan nyalakan pompa air. Tunggu selama beberapa saat dan air dapat mengalir lagi.

Jika air bisa naik namun ketika dimatikan beberapa saat kondisinya kembali seperti itu, foot klep perlu diganti. Namun jika pompa sudah normal, berarti footklep hanya terganjal oleh pasir dan pasir ikut terangkat saat pompa dinyalakan.

Pompa Air Lemah

Pompa air yang lemah dengan output air yang kecil sering ditemukan pada pompa air yang memakai impeller dari bahan kuningan. Bagian sisi impeller tersebut mudah tergerus oleh pasir yang menyebabkan terbentuknya rongga yang lebar di antara impeller, tutup impeller, dan blog pompa. Hasilnya sedotan pompa air menjadi lemah. Demikian beberapa penyebab pompa air mati atau macet. Bagi Anda yang tidak familiar dengan pompa air, segera menghubungi tukang perbaiki pompa air adalah langkah yang paling bijak agar masalah dapat segera teratasi.

tukang perbaiki pompa air