jasa service pompa air maguwoharjo Sleman

Tips Memilih Pompa Dari Jasa Service Pompa Air Maguwoharjo

Jasa service pompa air Maguwoharjo sleman- Membeli pompa air memang terdengar mudah, apalagi saat ini sudah banyak beredar merek pompa di pasaran. Namun, banyak juga yang akhirnya salah membeli pompa dan terpaksa harus membeli yang baru. Salah satu hal yang sering menjadi kesalahan utama dalam karena membeli pompa dengan daya hisap yang tidak sesuai.

Apa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika membeli pompa air dari jasa service pompa air Maguwoharjo?

Ya, seperti yang sudah disebutkan, membeli pompa tidak boleh sembarangan. Seperti ketika membeli produk lain, Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor untuk membeli yang tepat yang cocok untuk Anda. Berikut adalah lima faktor yang perlu dipertimbangkan ketika membeli pompa air terbaik:

Laju aliran

Ini umumnya adalah efektivitas pompa air. Laju aliran mengacu pada waktu yang diambil oleh pompa air untuk memompa sejumlah air tertentu yang sebagian besar diukur dalam liter per menit. Jika Anda akan menggunakan pompa air untuk lokasi kerja atau pertanian, Anda harus membeli pompa air yang memiliki kemampuan memompa lebih dari 2500 liter air per menit. Di sisi lain, pompa dengan laju aliran antara 100 – 200 liter per menit cocok untuk digunakan di rumah.

Semua pompa air diukur dalam liter per menit yang memberi tahu Anda seberapa cepat dan kuat air dipompa melaluinya. Secara sederhana, ini adalah laju air mengalir dari sumber ke titik pembuangan dalam galon per menit. Jika Anda membutuhkannya untuk pekerjaan yang memindahkan banyak air dengan cepat, maka Anda memerlukan pompa dengan Kapasitas liter per menit yang lebih tinggi. Nah, soal ini, Anda bisa berkonsultasi dengan jasa service pompa air Maguwoharjo sleman.

Jarak Hisap Vertikal

Ini akan memberi tahu Anda berapa jarak vertikal dari sumber air ke pompa itu sendiri. Jika Anda membeli pompa air untuk menyedot air tanah, maka sangatlah penting bagi Anda untuk mengetahui kedalaman sumur air Anda. Semakin dalam sumur Anda, maka semakin besar pula daya hisap pompa yang Anda butuhkan. Dengan jasa service pompa air Maguwoharjo, Anda hanya perlu menyebutkan kedalaman sumur Anda, dan tim ahli akan menentukan jenis pompa yang tepat terkait jarak hisap vertikalnya.

Ukuran saluran masuk

Sebagian besar pompa memiliki ukuran saluran masuk antara 1 hingga 6 inci tetapi dalam beberapa kasus, bisa lebih banyak. Pompa air sentrifugal juga beroperasi dengan cara yang sama yaitu menyedot air dari saluran masuk dan mengeluarkannya melalui katup keluar. Dalam hal ini, semakin besar ukuran katup inlet, semakin banyak jumlah air yang dapat dipompa oleh pompa dan semakin cepat melakukan tugasnya menyedot air, ini sudah dibuktikan oleh tim jasa service pompa air Maguwoharjo sleman.

Namun, hal ini sebenarnya tidak perlu terlalu dibingungkan. Pasalnya, Anda hanya perlu menggunakan converter pipa (soket pipa) yang berguna untuk menyambungkan pipa berukuran satu dengan ukuran lainnya. Jadi, Anda hanya perlu memastikan berapa ukuran pipa yang layak digunakan sebagai pipa hisap. Jika sudah ditemukan diameter pipa yang paling efisien, Anda hanya perlu menggunakan converter agar bisa masuk ke pompa air.

Tekanan Dorong (Head) Maksimum

Head maksimum pompa air mengacu pada jarak terpanjang dalam hal ketinggian bahwa pompa akan dapat memompa air. Misalnya, jika Anda membeli pompa air dengan kepala maksimum 60 meter, jika Anda mencoba memompa air ke tingkat yang lebih tinggi dari itu maka laju aliran akan menjadi nol. Secara umum, jenis pompa yang Anda pilih harus memiliki kepala maksimum lebih tinggi dari ketinggian yang Anda inginkan untuk memompa air.

Ini sering sekali terlupakan oleh para pemilik tandon air/toren. Ketika tandon dipasang, banyak yang tidak mengetahui kemampuan pompanya dalam mendorong air. Alhasil, air pun tidak dapat didorong oleh pompa untuk bisa masuk ke tandon. Hal ini tentunya akan sangat merugikan karena Anda harus mengurangi tinggi tandon air (pasti butuh biaya besar) atau mengganti pompa (ini juga butuh biaya yang tidak murah).

Kualitas pompa dari jasa service pompa air Maguwoharjo

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah merek pompa air. Mesin atau motor juga dapat memberi tahu Anda kualitas pompa. Lakukan penelitian dan survei yang diperlukan tentang bagaimana kualitas pompa air seharusnya. Ya, kualitas pompa tidak harus bergantung pada harganya semata. Jangan lupa tanyakan kepada kerabat atau teman tentang suatu merek pompa tertentu. Pastikan testimoni mereka jujur dan apa adanya, sehingga Anda bisa menentukan merek apa yang memiliki kualitas terbaik.

Jenis pompa air

Ada berbagai jenis pompa air, tergantung pada pekerjaan yang Anda butuhkan. Ini termasuk pompa submersible (pompa selam), pompa biasa, semi jet pump, atau jet pump. Teliti setiap jenis dan pastikan Anda mendapatkan yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Banyak orang yang tidak mengerti akan pentingnya memilih pompa air yang tepat. Ingat, semakin besar daya hisap sebuah pompa maka semakin besar pula daya listrik yang dibutuhkan. Banyak orang yang tidak menyadari hal ini dan akhirnya membeli pompa dengan jenis yang kuat, padahal ia tidak terlalu membutuhkannya. Alhasil, tagihan listrik pun membengkak meski sebenarnya hal itu tidaklah dibutuhkan. Terkadang, pompa biasa atau semi jet pump saja sudah cukup.

Kesimpulan

Saat membeli pompa air, penting untuk mempertimbangkan beberapa faktor yang akan memastikan Anda membeli produk yang cocok untuk Anda. Beberapa faktor tersebut termasuk kualitas pompa air, jenis air yang membutuhkan pemompaan, laju aliran pompa air, head maksimumnya dan ukuran pipa masuknya. Dengan begitu, instalasi dari jasa service pompa air Maguwoharjo sleman pipa pun menjadi tepat guna dan tidak merugikan Anda di kemudian harinya.