Jasa service pompa air Sewon Bantul

Kenali Kerusakan Pada Mesin Pompa Air Anda

Jasa service pompa air Sewon Bantul menyadari jika biasanya pompa air akan memiliki masalah yang itu-itu saja. Seperti air yang keluar dalam debit yang kecil sementara ketersedian air sebenarnya dalam jumlah cukup. Itu sebabnya mereka siap dengan tenaga service yang handal. Atau mesin pompa air yang harus selalu dipancing. Atau masalah lain yang sering muncul pada mesin pompa air. Jasa service pompa air Sewon Bantul  akan membantu anda memilih jenis pompa air yang sesuai kebutuhan.

Bisa jadi sumber air anda lumayan dalam, namun mesin pompa air yang digunakan tidak sesuai sehingga air yang dihasilkan juga tidak sesuai. Yang terjadi justru mesin akan mengalami kerusakan karena . mesin dipaksa bekerja sementara daya atau kemampuan mesin tidak sebanding.

Begitu pula jika sumber air anda tidak terlalu dalam, maka dapat menggunakan mesin dengan kapasitas kecil saja. Agar listrik atau daya yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar seperti menggunakan mesin pompa air berkapasitas besar. 

Permasalahan yang muncul adalah bisa jadi karena mesin anda mengalami kesalahan saat pemasangannya. Atau kerusakan pada  mesin juga dapat muncul karena umur mesin pompa air yang sudah digunakan dalam jangka lama. Berikut ulasan beberapa kerusakan yang umumnya terjadi pada mesin pompa air:

  1. Kondisi mesin yang tidak menyala

Jika hal ini terjadi maka yang dapat anda lakukan adalah dengan cara memutar bagian motor yaitu bagian kipasnya. Lakukan dengan menggunakan obeng kepada arah jarum jam. Jika tidak bergerak juga maka bisa jadi ada kerusakan pada mesin dinamonya. Jika anda memahami mekanisme mesin dinamo maka dapat membawanya ke tempat service dinamo.

Jika bodi pada pompa panas dan mesin tidak juga menyala maka kerusakan pada dinamo memerlukan adanya penyepulan. Hal lain yang bisa dilakukan adalah mengganti komponen pada kapasitor. Karena mesin juga tidak akan menyala jika terdapat kerusakan pada kapasitornya.

  • Debit air yang keluar sangat kecil

Banyak hal yang menyebabkan debit air yang keluar sangat kecil sementara mesin dapat beroperasi dengan normal. Hal ini tentu tidak bisa diabaikan atau dianggap hal kecil. Beberapa penyebab masalah ini adalah seperti kapasitas mesin. Jika anda memiliki sumber air dengan kedalaman 15 meter, sementara mesin pompa air anda hanya mampu menghisap air pada kedalaman 10 meter. Tentu daya kerja mesin pompa air akan sangat berat sehingga hanya mampu menyedot air dalam debit yang kecil. Maka pastikan pada jasa service pompa air Sewon Bantul akan kapasitas mesin pompa air yang dibutuhkan dengan kondisi sumber air anda. Jika tidak, maka hal ini lambat laun justru akan membuat kerusakan pada mesin pompa air anda.

Hal lainnya yang membuat debit air yang keluar sedikit adalah karena usia mesin pompa air yang sudah tua. Pompa air yang sudah tua tentu saja akan menjadikan motor pompa air melemah dan mengakibatkan putaran pada mesin juga ikut melemah. Anda harus memastikan jika kumparan bersih dari kerak yang dapat mengganggu kerja motor pompa air. Tentu hal ini dapat dilakukan hanya jika mesinnya masih berputar secara normal.

  • Mesin yang harus dipancing

Jasa service pompa air Sewon Bantul biasanya akan memastikan jika ruang impeller pada bagian atas mesin biasanya harus terisi dengan air yang penuh sehingga tak ada lagi rongga angin. Hal ini yang membuat mesin pada akhirnya memiliki daya sedot. Tentu saja hal ini akan sangat merepotkan. Karena anda harus melakukan pancingan dengan mengisi air hingga meluap pada bagian impeller, pada setiap waktu anda akan menghidupkan mesin pompa air.

Hal ini juga sering terjadi akibat pipa hisap yang kosong dari air sehingga anda harus mengisikan sejumlah air kedalam pipa hingga air meluap, setelah itu segera tutup bagian impeller dan air akan keluar dengan sendirinya.

Kondisi mesin yang sering memerlukan pancingan juga disebabkan oleh kebocoran di jalur pipa hisap yaitu tusen klep atau foot valve. Hal inilah yang membuat air pada pipa hisap tidak mampu bertahan. Solusinya adalah anda harus menemukan kebocoran pada sambungan pipa atau penggantian akan tusen klep yang baru dengan kondisi yang masih rapat. 

  • Air yang tidak keluar meski mesin menyala

Jika masalah ini muncul maka salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah dengan cara memancing. Pastikan jika ruang pada mesin air terisi penuh dengan air. Jika kosong maka lakukan pancingan. Anda dapat melakukan hal ini pada saat mesin dalam keadaan dinyalakan atau mati. Tunggu beberapa saat sampai memastikan jika air akan keluar. Hal ini perlu dilakukan karena ruang hisap harus vakum agar mampu menyedot air.

Namun jika hal ini terus terjadi, dalam arti air tetap saja tidak keluar maka yang harus anda lakukan adalah memastikan secara menyeluruh apakah ada kebocoran pada saluran pipa hisapnya yang harus diperiksa hingga menyeluruh ke bagian paling bawah klep.

  • Mesin menyala dengan tersendat-sendat

Anda dapat memastikan apakah penyebab mesin menyala namun tersendat-sendat atau tidak normal, yaitu dengan memastikan apakah kipas pada motor tersangkut dengan sesuatu. Putarlah kipas dengan menggunakan obeng kearah jarum jam dan jika putaran berat maka kemungkinan ada yang menyangkut. Atau bisa jadi dinamo pada motor yang sudah soak.

Atau lakukan pengecekan terhadap tegangan yang dimiliki sumber listrik. Jika tegangan pada 200 hingga 225 volt maka mesin memang masih dapat menyala namun tersendat karena tegangan berada dibawah ukuran tegangan yang normal.

Pastikan jasa service pompa air Sewon Bantul  anda adalah tukang service pompa air jogja yang handal dan memiliki kemampuan dalam hal ini.

Updated: 20/02/2020 — 21:56